Warga Bersihkan Sampah di TPU Sei Panas, Batam, Foto : Bintang/BX

Batamxinwen, Batam – Warga Taman Langgeng RT 06/RW 16, Baloi Kolam, Sei Panas, kota Batam akhirnya bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di area Tempat Pemakaman Umum yang berada di kawasannya, Selasa (13/8/2019).

Kerja bakti ini berawal dari viralnya postingan akun bernama Khaidir di media sosial facebook. Khaidir diketahui merupakan penjaga makam kawasan.

“Ada yang peduli, mari semuanya saudara kita turun bersama membersihkan, kalau ada yang siap, kita jumpa dulu di kantor pemakaman Sungai Panas, Batam Kota,” tulis Khaidir.

Pantauan dilapangan, tampak sampah-sampah diangkut warga menggunakan tiga unit truck. Sampah tersebut merupakan limbah rumah tangga, barang-barang bekas, dan dedaunan yang berasal dari pohon sekitar makam.

“Ini truck sewaan, ada 3. Warga semua antusias bersih-bersih. Tidak benar postingan yang disebut Khaidir kalau kami butuh bantuan luar. Sampah punya kami, ya kami sendiri yang membersihkannya,” Kata RS (inisial) Ketua RT 006 kepada batamxinwen.com.

Ia mengatakan kegiatan ini akan terus dilakukan sampai makam benar-benar bersih dan nyaman kembali. Namun ia keberatan bila dikatakan kalau semua sampah-sampah itu dikatakan limbah dari warganya.

Menurutnya warganya lah yang selama ini membersihkan sampah dari para peziarah, yang kerap kali meninggalkan plastik ataupun botol bekas disekitaran makam.

“Kalau semua dari kami, itu salah besar. Malahan kami sering bersih-bersih sampah dari peziarah. Kalau ada yang terlewat, baik itu kesalahan kami. Tapi kami bertanggung jawab,” kata dia.

Disinggung mengenai postingan Khaidir, RS mengaku kecewa. Pasalnya, sebagai warga, Khaidir seharusnya mensosialisasikan hal ini terlebih dahulu kepada perangkat setempat bukan malah mencari pertolongan ke facebook.

“Dia itu penjaga makam, jangan begitulah. Konfirmasi dulu ke saya atau warga. Bukan ke facebook,” ujarnya. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here