Para Pesepeda WN Singapura, saat beristirahat usai menjajal trek Jalanan Kota Batam, foto : Istimewa

Batamxinwen, Batam – Jalanan Batam menantang bagi pesepeda. Tak hanya untuk profesional, tapi juga cocok untuk para pemula.

Seperti rombongan dari Singapura yang datang ke Batam, Sabtu (15/6), melalui pelabuhan ferry internasional Sekupang. Hampir 50 orang siap berwisata olahraga dengan peralatan lengkapnya.

“Mereka ini pesepeda newbie (pemula), dengan average speed (kecepatan rata-rata) 20-25 km/jam,” kata pimpinan rombongan, Collin.

Menurutnya Batam dipilih karena memiliki jalur yang menantang bagi pesepeda. Ada tanjakan dan tikungan yang bervariasi dan tak akan dijumpai di Singapura.

“Contour landscape Batam menantang. Jalan rayanya juga sudah semakin lebar,” ujarnya.

Para pesepeda ini bergerak dari Sekupang menuju jembatan Barelang, melalui Batuaji. Jalur trans Barelang diminati untuk aktivitas bersepeda karena menyuguhkan pemandangan alam yang indah.

“Jadi kami bisa bersepeda sambil menikmati view di sepanjang jalan Trans Barelang,” terangnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata menyambut baik para tamu ini. Menurutnya, olahraga memang menjadi satu dari sembilan aktivitas pariwisat yang dikembangkan Batam.

“Sport tourism ini sangat berpotensi dikembangkan di Batam. Jalanan Batam yang sudah diperbaiki cocok bagi pesepeda. Jalurnya juga menantang untuk mereka. Tentu perlu lebih banyak event untuk menarik pehobi olahraga seperti ini,” tuturnya.

Mantan Kepala Bagian Humas Pemko Batam ini mengatakan selain sepeda golf juga menarik bagi wisatawan mancanegara. Batam memiliki banyak lapangan golf yang lokasinya beragam, mulai dati tengah kota sampai tepi laut. Sehingga menawarkan variasi pilihan bagi para pegolf.

“Dan tentunya wisata bahari yang juga menarik bagi penikmat olahraga air dan bawah laut. Seperti jetski, snorkeling, dan diving,” sebut Ardi. (Humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here