Wadanlantamal I Buka Pelatihan Program Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik di Mako Belawan

Batamximwen, Medan РWakil Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Wadanlantamal) I Kolonel (PM) Samista, S.H., didampingi  Ketua Tim Staf Potensi Maritim (Spotmar) Mabesal, membuka secara resmi Pelatihan, Pendampingan, dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik dari Spotmar Mabesal di Mako Lantamal I Belawan, Kota Medan, Sumut, Selasa (11/03)

Dalam pembukaan yang dihadiri oleh seluruh Pejabat Utama Lantamal I, secara tertulis Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M mengatakan, Dengan adanya tuntutan reformasi birokrasi di semua bidang atas hak pelayanan yang berkualitas dan cepat pada setiap warga negara, dan hal ini harus diprioritaskan karena publik menginginkan pelayanan yang baik.

“Oleh Karena itu diperlukan sosialisasi dan pelatihan serta penilaian yang dilaksanakan Staf Potensi Maritim bidang Pelayanan Publik, terutama standar dan budaya pelayanan yang bermuara pada kepuasan, transparansi, dan akuntabel. Hal ini merupakan indikator dari pelayanan publik yang prima dan menjadi tujuan pelaksanaan program reformasi TNI AL,” ujarnya dalam keterangan pers yang dirilis Kadispen Lantamal I.

Danlantamal I menginstruksikan kepada seluruh peserta sungguh-sungguh mengikuti kegiatan tersebut, sehingga target dan sasaran program kegiatan reformasi birokrasi bidang pelayanan publik tahun 2020 dapat tercapai.

Pada kesempatan tersebut, Katim Pelatihan, Pendampingan, dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik Letkol Laut (S) Ahmad Nasrudin, S.T., M.Tr.Han membacakan sambutan Aspotmar Kasal Mayjen TNI (Mar) Yuniar Ludfi.

“Seiring dengan tuntutan reformasi birokrasi di segala bidang, dimana hak atas pelayanan yang berkualitas pada setiap diri warga negara sangatlah diutamakan, karena publik menginginkan pelayanan yang baik dan benar dalam setiap pelayanan yang diterima,” kata Yuniar.

Oleh karena itu, Spotmar bidang layanan publik ini difokuskan pada standar pelayanan, budaya pelayanan prima sampai dengan pengisian formulir yang disiapkan oleh Tim Pelayanan Publik (Yanlik) Spotmar yang semuanya bermuara pada tingkat kepuasan menerima layanan yang diberikan oleh satker.

“Indikator kinerja bukan hanya tentang penyerapan anggaran, tetapi lebih kepada hasil kerja yang inovatif dalam pelayanan publik sehingga kinerja pelayanan publik sangat besar pengaruhnya terhadap kualitas satker, dimana pelayanan publik harus lebih responsif terhadap dinamika yang terjadi di lingkungan tiap-tiap satker”, imbuhnya.

Pelatihan, Pendampingan dan Evaluasi Program Reformasi Birokrasi Bidang Pelayanan Publik diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari Para Kadis/Kasatker, Pamen dan Pama Lantamal I Belawan akan berlangsung selama dua hari, dimana akan dijelaskan hal-hal yang berkaitan dengan pelayanan publik yang dipaparkan oleh Katim dan Pabandya Kommas Ban IV Komsosmar Spotmar TNI AL, Letkol Laut (PM) Priyo Yudono, S.H., M.M. (Ependi)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here