Wakili Walikota, Jefridin Hadiri Wisuda Politeknik Negeri Batam

Setdako Batam, Jefridin

Batamxinwen, Batam – Mewakili Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin Hamid menghadiri secara virtual Wisuda ke-XXI Politeknik Batam, Selasa (26/10/2021). Kali ini, Politeknik mewisuda sebanyak 732 wisudawan dan wisudawati.

Dalam sambutannya, Jefridin mengungkapkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan perhatian pada sektor pendidikan, terlebih hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemko Batam. Selain berbekal ilmu pengetahuan, Pemko Batam mendorong generasi Batam memiliki akhlak mulia. Bukan tanpa alasan, hal ini sangat krusial guna mewujudkan Batam yang sebagai Bandar Dunia Madani dan modern.

“Urgensi mengapa kita ingin mewujudkan masyarakat yang berakhlak mulia adalah sebagai filter terhadap dampak negatif perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,” terang Jefridin.

Lanjut dia, Batam merupakan daerah tujuan investasi baik dalam negeri maupun luar negeri. Kini dibawah komando Wali kota Batam yang juga Kepala BP Batam Muhammad Rudi, pertumbuhan nilai investasi di Batam menuai hasil yang baik dan patut diapresiasi.

“Ini menunjukkan bahwa napas perekonomian di Batam kembali bergairah setelah sebelumnya sempat lesu diterpa badai pandemi global Covid-19. Hal ini yang membuat Kota Batam gencar melakukan pembenahan dengan membangun sarana dan prasarana terutama dalam segi infrastruktur untuk menunjang kegiatan berinvestasi,” papar dia.

Menyongsong Batam yang lebih maju, Jefridin mengatakan maka itu sektor pendidikan juga tidak lupa untuk terus menjadi perhatian Pemko Batam dan dapat diakses secara merata oleh masyarakatnya.

Pemerataan pendidikan juga bertumpu kepada globalisasi dan revolusi industri 4.0 guna menyambut momen pasca pandemi yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang adaptif dengan banyak kondisi. Menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan untuk menyiapkan sumber daya di tengah aktivitas investasi yang ada di Kota Batam.

“Jika investasi banyak masuk ke Batam, hal ini akan memperluas lapangan pekerjaan dan efeknya kesejahteraan masyarakat juga meningkat,” ucapnya.

Menurut peraih prestasi istimewa dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I angkatan XLIX tahun 2021 yang dilaksanakan LAN RI ini, wisuda merupakan tanda selesainya satu tahap pembelajaran di kampus dan terbukanya pintu tahapan selanjutnya.

Ia berharap, para wisudawan dan wisudawati menjadikan momentum ini untuk berusaha dan bekerja lebih gigih dalam menghadapi tantangan kehidupan yang sesungguhnya di tengah masyarakat. Ilmu pengetahuan saja tidak cukup, harus dibarengi pengalaman dan mengasah keterampilan.

“Saya yakin lulusan Politeknik Negeri Batam telah siap berkiprah sesuai dengan jurusan dan konsentrasi keilmuannya,” ujar dia.

Sebagai penutup, ia berharap kualitas pendidikan di Kota Batam semakin baik ke depan dan semua pihak diharapkan senantiasa dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan dunia pendidikan di Batam.

“Sekali lagi saya ingin katakan selamat atas wisuda ke-21 Politeknik Batam,” pungkasnya. (Red-Btm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here