Wali Kota Tutup Tempat Hiburan Batam

Batamxinwen, Batam, Pemerintah Kota Batam memutuskan untuk menghentikan sementara operasional hiburan malam se-Kota Batam, sebagai langkah pembatasan sosial untuk memutuskan rantai penularan virus covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Batam Muhammad Rudi saat menggelar rapat sosialisasi penanganan virus covid19 bersama sejumlah pemuka agama dan masyarakat di alun-alun Balai Kota Batam, Sabtu (21/3).

“Atas masukan masyarakat, saya kemarin sudah putuskan tutup saja, semalam tim sudah turun ke lapangan, dihentikan sementara,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah sudah meliburkan sekolah, menerapkan kerja dari rumah, dan menunda segala kegiatan keagamaan, termasuk mengimbau membatasi hajatan pernikahan secara massal.

“Jadi, tidak ada alasan hiburan malam masih beroperasi, ini juga atas masukan masyarakat, saya memang perlu masukan-masukan seperti itu,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Batam telah menerbitkan Surat Edaran nomor 224 tahun 2020 tentang Upaya Bersama Peningkatan Kewaspadaan terhadap Resiko Penularan Infeksi Virus Corona Disease 2019 (covid-19) kepada pelaku usaha kepariwisataan dan perdagangan yang ditandatangani Wakil Wali Kota Amsakar Achmad, pada 18 Maret 2020.

“Mengingat potensi penyebaran covid19 yang sangat rentan dengan penyelenggaraan usaha hiburan seperti diskotik, karaoke, panti pijat (massage), permainan ketangkasan, musik hidup, dan usaha hiburan sejenis lainnya, maka untuk sementara waktu Saudara dapat menghentikan operasional usaha hiburan tersebut,” kata Amsakar dalam surat edaran tersebut.

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 Kota Batam itu juga meminta pelaku usaha kepariwisataan lain melakukan koordinasi dan antisipasi untuk membatasi kegiatan massal.

“Tiadakan kegiatan mengumpulkan massal seperti konferensi dan pernikahan yang berpotensi menyebabkan penyebaran virus corona,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Batam Ardiwinata juga membenarkan keputusan Pemko tersebut.

“Benar, ini saya kirimkan salinan surat edarannya,” jawabnya ketika dikonfirmasi. (Ependi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here