Wqli Kota Batam HM Rudi. Foto: BX/int

Batamxinwen, Batam – Kabag Humas Pemko Batam, Efrius mengaku, pihaknya belum menerima informasi resmi pelantikan Muhammad Rudi Wali Kota Batam sebagai Ex Officio Kepala BP Batam.

“Memang kabarnya sudah beredar, namun kami belum mendapatkan informasinya,” jelasnya saat dihubungi melalui telepon, Kamis (26/9).

Selain itu dia juga katakan belum dapat memastikan apakah rencana rapat menetapkan pengangkatan Walikota sebagai Kepala BP Batam itu benar adanya.

“Nanti saya cek lagi,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Sekretaris Menko Perekonomian RI, Susiwijono Moegiarso mengatakan, Walikota Batam HM Rudi akan dilantik sebagai ex-officio Kepala BP Batam pada Jumat, (27/9) besok.

Pelantikan tersebut berdasarkan PP Nomor 62 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PP nomor 46 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

Ditegaskan dalam PP itu, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam dijabat ex-officio oleh Wali Kota Batam dengan beberapa syarat.

Adapun persyaratannya disebutkan yakni, tidak sedang menjalankan masa tahanan; atau tidak berhalangan sementara, sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundangundangan di bidang Pemerintahan Daerah.

“Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam menetapkan Wali Kota Batam yang memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud sebagai Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan,” bunyi Pasal 2a ayat (1c) PP ini. (Bintang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here