Warga Batam Boleh Sholat Idul Adha Berjamaah di Lapangan, Ini Syaratnya

Wali Kota Batam
Wali Kota Batam Muhammad Rudi negatif Covid-19

Batamxinwen, Batam – Umat muslim di Batam bisa menjalankan sholat Idul Adha berjamaah di lapangan, masjid, mushala ataupun juga di ruangan.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengeluarkan surat edaran  No 14/KESRA/Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Salat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban.

Hanya saja warga tetap mematuhi dan memperhatikan protokol kesehatan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh penyelenggara atau panitia sebelum menggelar shalat Idul Adha secara berjamaah.

Mulai dari menyiapkan petugas untuk melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan di area tempat pelaksanaan shalat hingga melakukan pembersihan dan disinfektan di area tempat pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Bahkan juga wajib mengenakan masker dan menjaga jarak,” kata Rudi.

Baca JugaIsu Dinasti Politik Menggema di Pilgub Kepri

Selain itu, panitia perayaan shalat Idul Adha juga harus membatasi jumlah pintu atau jalur keluar dan masuk tempat pelaksanaan Idul Adha guna memudahkan penerapan dan pengawasan protokol kesehatan.

“Yang terpenting menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun atau sanitizer di setiap pintu keluar dan pintu masuk,” terang Rudi.

Lebih jauh Rudi mengatakan, setiap panitia juga wajib menyediakan alat pengecek suhu. Sehingga jika ditemukan jemaah dengan suhu lebih dari 37,5 derajat celcius, maka tidak diperkenankan masuk ke area tempat pelaksanaan.

“Untuk bacaan ayat pendeknya, disarankan untuk menggunakan ayat yang pendek dan khutbah Idul Adha juga disingkat, namun tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya,” papar Rudi.

Panitia diharapkan juga tidak mewadahi sumbangan atau sedekah dengan cara menjalankan kotak infak. Sebab sangat rawan terhadap penularan Covid-19.

Bahkan bagi anak-anak, masyarakat lanjut usia dan orang memiliki sakit bawaan yang berisiko tinggi Covid-19 diimbau untuk tidak mengikuti pelaksanaan shalat Idul Adha.

“Jemaah harus sehat, membawa sajadah atau alas masing-masing dan menggunakan masker sejak ke luar rumah dan selama berada di area tempat pelaksanaan,” tutup Rudi.(*)

Sumber: Kompas.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here