Kepala Rutan Kelas IIA Barelang Batam, Yan Patmos Purba, sel khusus tersebut diberikan nama kamar karantina bagi tahanan yang baru yang perkara sudah inkrah/BX/Foto: Rega

Rutan Batam Siapkan Blok Karantina yang Baru

Batamxinwen, Batam-Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIA Barelang menyediakan blok khusus isolasi bagi warga binaan yang baru datang. Tujuan untuk tidak terpapar wabah corona pada warga binaan yang lain. 

Menurut Kepala Rutan Kelas IIA Barelang Batam, Yan Patmos Purba, sel khusus tersebut diberikan nama kamar karantina bagi tahanan yang baru yang perkara sudah inkrah.

“Jadi semenjak ada wabah virus corona, para tahanan yang dikirim ke Rutan adalah kasus yang inkrah maka di tempat kan di blok khusus,” kata Yan, pada pewarta, Jumat (17/7).

Kata dia, selama pandemi COVID-19 pihaknya tidak menerima tahanan titipan dari Kejaksaan maupun dari Polisi. Namun, setelah kasusnya sudah inkrah baru diterima.

“Jadi tahanan yang diterima adalah yang sudah inkrah,” kata Yan.

Begitu juga dengan proses sidang, lanjutnya, semua para tahanan melalui sidang daring di pengadilan. “Atau polsek, setelah perkara sudah inkrah baru tahanan dikirim ke Rutan,” tambah dia.

Secara terpisah Kepala Pengamanan Rutan(KPR) kelas IIA Batam, Heri Aguswanto mengatakan pengawasan di Blok kamar khusus COVID-19, diperketat. “Tidak semua pegawai yang bisa masuk ke blok,” ujarnya.

Ia mengatakan, semua tahanan yang baru masuk, wajib karantina mandiri selama 14 hari di blok khusus itu. “Setelah itu dilakukan pengecekan dari klinik kita, kalau aman maka kita tempatkan di blok umum,” pungkas dia.(Rega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here