Kapolsek Batam Kota AKP Restia Octane Guchi beserta anggotanya saat mendatangi lokasi penemuan mayat bayi di perumahan Citra Indah, Batam Kota, Jumat (12/6). Foto: BX

Batamxinwen, Batam – Kepolisian Sektor Batam Kota sedang menyelidiki siapa pelaku pembuangan mayat bayi laki-laki yang ditemukan di dalam tong sampah di depan rumah nomor 3A Blok BB Perumahan Citra Indah, Kecamatan Batam Kota, Jumat (12/6) sekitar pukul 08.00 WIB.

“Sedang dalam penyelidikan. Anggota sudah mengumpulkan keterangan saksi-saksi dan melakukan olah TKP,” kata Kapolsek Batam Kota AKP Restia Octane Guchi Jumat siang.

Penemuan mayat bayi pagi tadi cukup menghebohkan warga perumahan elit di Batamcentre itu. Warga perumahan merasa geram terhadap pelaku yang belum diketahui identitasnya itu.

Kepolisian Sektor Batam Kota di lokasi penemuan mayat bayi di Perumahan Citra Indah. Foto: BX

“Warga perumahan banyak yang geram. Kami berharap kasus ini cepat terungkap sehingga ibu kejam yang tega buang anaknya ini cepat tertangkap,” ujar Yanto, salah satu warga Perumahan Citra Indah pada Batamxinwen.com.

Yanto mengatakan, kasus penemuan mayat bayi ini sedang menjadi topik hangat yang dibicarakan warga Perumahan Citra Indah. Warga pun proaktif mencari petunjuk di lingkungan sekitarnya untuk diinformasikan kepada pihak kepolisian dengan harapan pelakunya cepat tertangkap. Warga yang rumahnya dilengkapi cctv pun menyalin rekaman camera lalu menyerahkannya ke pihak kepolisian untuk mencari petunjuk.

Perumahan Citra Indah hanya memiliki satu pintu sebagai akses keluar-masuk. Pintu masuk perumahan ini dijaga oleh dua sampai tiga orang satpam selama 24 jam. Pintu masuk perumahan menggunakan sistem palang otomatis dan dilengkapi cctv. Hanya warga perumahan yang memiiki kartu akses yang bisa membuka palang pintu. Yang tidak memiliki kartu akses harus minta izin dan menjelaskan keperluan dan tujuannya masuk ke dalam perumahan. Satpam pun rutin berpatroli mengelilingi perumahan untuk mamantau situasi.

Siapa pembuang mayat bayi laki-laki malang itu? Melihat sistem kemanan di Perumahan Citra Indah, orang dari luar perumahan tentu akan berpikir berulang kali untuk membuang mayat bayi di tong sampah di depan rumah orang di perumahan elit.

Tas kain berisi mayat bayi laki-laki. Foto: BX

“Buang tas berisi bungkusan ke dalam tong sampah di depan rumah orang tentu akan sangat menimbulkan kecurigaan. Kecuali buangnya tengah malam atau subuh. Tapi kalau warga luar masuk ke perumahan malam-malam atau subuh, pasti dicurigai oleh satpam,” ujar Yanto.

Saat ditemukan, Di leher bayi melingkar seutas tali kain warna hitam. Di pusarnya terdapat bercak darah. Diduga bekas tali pusarnya. Mayat bayi laki-laki itu dibungkus handuk tipis warna putih, selimut bayi warna kuning, dan kaos merah merek JJ Jeans serta tiga lembar uang pecahan Rp 2000, yang kemudian dibungkus dalam tas kain warna krem bertuliskan nama sebuah supermarket, Pepito Bali. Tas kain itu masih terlihat bersih.

Kaos merah merek JJ Jeans yang digunakan membungkus mayat bayi laki-laki yang ditemukan di tong sampah Prrumahan Citra Indah, Jumat (12/6). Foto: ist

JJ Jeans adalah sebuah merek pakaian untuk wanita berpenampilan modis bertubuh langsing. Pemilik baju tersebut bisa diduga bertubuh langsing. Sedangkan Pepito adalah nama supermarket yang tersebar di banyak kota besar di Indonesia termaksud di Batam.

Mayat bayi laki-laki yang diduga sengaja dibuang oleh ibu kandungnya itu pertama kali ditemukan oleh Jefri Siahaan, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, saat sedang mengangkut sampah di Perumahan Citra Indah bersama dua rekannya.

Hingga kini, polisi masih terus menyelidiki kasus penemuan mayat bayi tersebut. Penemuan mayat bayi Jumat pagi tadi menambah daftar penemuan mayat maupun bayi hidup di Kota Batam. Beberapa kasus sudah terungkap. Beberapa seperti kasus penemuan mayat bayi di Bengkong masih dalam penyelidikan polisi. Kasus pembuangan mayat maupun bayi hidup kerap dilatarbelakangi oleh hubungan gelap atau kehamilan di luar nikah. (jkf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here