Waspada! Kecanduan Media Sosial Seperti Narkoba

Batamxinwen, Jakarta –  Perkembangan media sosial tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Meski demikian, jika tidak bisa dikelola dengan baik maka bisa menimbulkan ketergantungan yang berujung sakau.

Seperti diketahui seseorang bisa menghabiskan banyak waktunya untuk menatap layar gadget hanya untuk bermain media sosial. Sebagian dari mereka seakan berada di dunianya sendiri dan cenderung acuh terhadap lingkungan yang ada di sekitarnya.

Hal ini pun dibenarkan oleh Spesialis Kedokteran Jiwa dan Psikiater, dr. Agung Frijanto Sp-KJ. Menurutnya media sosial mempunyai sifat adiksi alias kecanduan yang gejalanya mirip dengan narkoba. Jika tidak dikelola dengan baik maka hal ini bisa menimbulkan permasalahan.

“Media sosial belakangan banyak menimbulkan permasalahan. Medsos mempunyai sifat adiksi atau ketergantungan. Gejalanya mirip seperti adiksi narkoba dan pornografi karena menyasar sistem yang bekerja pada otak,” terang dr. Agung, dalam acara Hari Kesehatan Jiwa Sedunia beberapa waktu lalu.

Dokter Agung pun mengatakan kecanduan tersebut bisa terjadi karena seseorang merasa nyaman dengan apa yang mereka lakukan. Alhasil mereka akan melakukan hal tersebut secara berulang-ulang. Jika sudah teradiksi, maka akan menimbulkan berbagai macam gejala.

“Gejala adiksi media sosial seperti menentang orangtua atau guru dan kualitas hidupnya menjadi menurun karena tidak mau melakukan apa-apa. Jika dihentikan maka mereka akan mengamuk dan berteriak-teriak seperti orang sakau,” lanjutanya.

Tentunya tidak ada kata telat untuk mengobati adiksi yang dialami oleh seseorang. Mereka masih bisa diobati dengan menjalani terapi untuk menghilangkan ketergantungan terhadap aktivitas bermain media sosial.

“Kalau sudah tahap ketergantungan masuk ke fase kuratif (pengobatan). Caranya pergi ke fasilitas kesehatan primer, jika sudah parah bisa dirujuk ke rumah sakit jiwa untuk bertemu psikiater adiksi. Upayanya dengan membatasi bermain medsosnya dan diberikan terapi prilaku,” tuntasnya.(*)

Sumber: Okezone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here