Batamxinwen, Tanjungpinang – Masyarakat Kota Tanjungpinang diminta waspada. Pasalnya, aksi pencurian dengan modus melakukan pengecekan listrik terjadi di dua lokasi di kota itu.

Aksi pertama terjadi di salah satu rumah warga di Jalan Cempedak, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjungpinang Barat, Senin (16/9/2019). Dalam aksinya, pelaku berhasil menggasak uang dan barang berharga milik korban bernilai Rp 20 juta.

Aksi kedua terjadi di Jalan Brigjen Katamso, Gang Kenanga 2. Akibat kejadian tersebut, korban kehilangan satu unit handphone dan tiga jam merk rolek. Kerugian kurang lebih Rp 9 juta.

Informasi yang dihimpun, dalam menjalankan aksinya dan mendatangi rumah korban. Pelaku yang berjumlah dua orang itu mengaku sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdinas di Pemprov Kepri. Dua pelaku yang menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) berwarna coklat ini mengatakan kepada pemilik rumah, akan melakukan pengecekan meteran listrik, dengan alasan sering terjadi kebakaran.

Saat salah seorang pelaku melakukan pengecekan, untuk mengalihkan perhatian korban, pelaku lainnya beraksi masuk ke rumah dan mengambil barang-barang berharga milik korban.

Setelah berhasil menggasak uang dan barang-barang milik korban, pelaku kemudian langsung menuju ke depan rumah korban. Mengetahui rekannya berhasil menguras isi rumah korban, pelaku yang melakukan pengecekan listrik buru-buru pamit meninggalkan korban. Dua pelaku kemudian kabur menggunakan sepeda motor Honda Vario warna hitam putih. (ias)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here